Pekerjaan seorang humas adalah tugas-tugas yang dilakukan oleh seorang humas
dalam mempromosikan pengertian dan pengetahuan akan seluruh fakta-fakta
tentang runtutan situasi atau sebuah situasi dengan sedemikian rupa
sehingga mendapatkan simpati akan kejadian tersebut[4].
Pada umumnya kesan yang jelek datang dari ketidak-pedulian, prasangka
buruk, sikap melawan, dan apatis. Seorang petugas humas harus mampu
untuk mengubah hal-hal ini menjadi pengetahuan dan pengertian,
penerimaan dan ketertarikan.[rujukan?]
Bagian penting dari pekerjaan petugas Humas dalam suatu organisasi adalah :[rujukan?]
- Membuat kesan (image)
- Pengetahuan dan pengertian
- Menciptakan ketertarikan
- Penerimaan
- Simpati
Humas adalah sebuah proses yang terus menerus dari usaha-usaha
manajemen untuk memperoleh kemauan baik dan pengertian dari pelanggan,
pegawai, dan publik yang lebih luas. Dalam pekerjaannya, seorang humas
membuat analisis ke dalam dan perbaikan diri, serta membuat
pernyataan-pernyataan keluar.[rujukan?]
Pada umumnya kesan yang jelek datang dari ketidak-pedulian, prasangka buruk, sikap melawan, dan apatis. Seorang humas harus mampu untuk mengubah hal-hal ini menjadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan.[rujukan?]
Fungsi humas
Menurut Edward L.Bernays humas memiliki fungsi sebagai berikut :
- memberikan penerangan kepada publik,
- melakukan persuasi kepada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik
- Upaya untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat, atau sebaliknya.[5]
Kesan (image)
Kesan disini berarti "gambaran yang diperoleh seseorang tentang suatu
fakta sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pengertian mereka (terhadap
suatu produk, orang, atau situasi)".[rujukan?]
Pengetahuan dan pengertian
Humas memiliki peran penting dalam membantu menginformasikan pada
publik internal (dalam organisasi) dan publik eksternal (luar
organisasi) dengan menyediakan informasi akurat
dalam format yang mudah dimengerti sehingga ketidak-pedulian akan suatu
organisasi, produk, atau tempat dapat diatasi melalui pengetahuan dan
pengertian.[rujukan?]
Menciptakan ketertarikan
Humas juga harus dapat menciptakan ketertarikan publik dalam suatu situasi atau serial situasi, yang bisa jadi berpengaruh besar dalam suatu organisasi atau sekelompok orang.[rujukan?]
Menggunakan strategi kehumasan dalam hal ini bisa menjadi sangat efektif.[rujukan?]
Penerimaan
Masyarakat mungkin bersikap melawan pada sebuah situasi karena mereka
tidak mengerti apa yang sedang terjadi, atau mengapa hal tersebut
terjadi. Profesi humas mempunyai peran kunci untuk menjelaskan sebuah
situasi atau kejadian dengan sejelas-jelasnya sehingga ketidak-pedulian,
dan bahkan sikap menentang, yang menjadi atmosfer disekelilingnya dapat
diputar menjadi pengertian dan penerimaan.[rujukan?]
Simpati
Dengan mengemukakan informasi secara jelas dan tidak bias, umumnya merupakan cara yang berhasil untuk meraih simpati.[rujukan?]
Kesalahan umum
Kesalahan umum yang terjadi adalah program humas
dianggap sebagai program jangka pendek, dan program penanggulangan
reaktif saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kala hubungan dengan
masyarakat menjadi buruk.[rujukan?]
Kegiatan humas
Tujuh puluh persen dari kegiatan seorang humas berhubungan dengan tulis menulis selain tugas-tugas lainnya. Diantaranya adalah:[rujukan?]
- Merancang pesan tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/ keterkaitan pesan. Contoh: Bank Niaga saat menggelar tema "Cinta".[rujukan?]
- Melakukan segmentasi media, dimana seorang humas harus mampu memformulasikan keseimbangan saling dukung antara media cetak dan elektronik.[rujukan?]
- Komunikasi interaktif. Contohnya beberapa organisasi dalam merancang logonya melakukan pelibatan konsumen dimana dilakukan kompetisi merancang logo, contoh lain adalah rubrik konsultasi atau jasa layanan konsumen melalui telpon.[rujukan?]
- Menjaga reputasi perusahaan dan citra produk melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan atau kombinasinya. Contoh: kegiatan sponsor: Dari Mayora.[rujukan?]
- Iklan multiguna (memanfaatkan momentum psikologis). Contoh: bukan basa-basi.[rujukan?]
- Penjualan simpatik. Contoh: Aqua menyisihkan hasil penjualan untuk pipa mengalirkan air di kawasan timur Indonesia.[rujukan?]
- Melakukan iklan layanan masyarakat.[rujukan?]
- Pemasaran dari mulut kemulut. Contoh: Taksi Bluebird dalam memasarkan reputasi yang baik jarang menggunakan iklan media massa.[rujukan?]
- Ajang pemasaran khusus dimana aktivitas dirancang untuk melibatkan khalayak. Contoh: Ajang Jakarta Fair[rujukan?]
- Memanfaatkan komunikasi yang akrab untuk pelanggan. Contoh: Layanan purna jual, dsb.[rujukan?]
Bauran humas
Thomas L. Harris dalam bukunya Marketer’s Guide to Public Relations
yang melahirkan Marketing Public Relations (MPR), peranan humas menjadi
Pencils yang hampir mirip dengan promotion mix yaitu formula PASP
(Publications, Advertising, Sales Promotions, dan Personal Selling).
Pencils jika dijabarkan secara rinci dalam korelasi komponen utama
peranan humas adalah sebagai berikut :[rujukan?]
Publikasi
Setiap fungsi dan tugas humas adalah menyelenggarakan publikasi atau
menyebarluaskan informasi melalui berbagai media tentang aktivitas atau
kegiatan perusahaan atau organisasi yang pantas untuk diketahui oleh
publik.[5]
Event (Penyusunan program acara)
Macnamara (1996: 154) menyatakan bahwa special event adalah sebuah
event yang biasanya dilaksanakan untuk mendapatkan perhatian media yang
bermuara pada perhatian publik tentang perusahaan (atau organisasi) atau
produk perusahaan . Merancang acara tertentu atau lebih dikenal dengan
peristiwa khusus (special event) yang dipilih dalam jangka waktu,
tempat, dan objek tertentu yang khusus sifatnya untuk memengaruhi opini
publik.[5]
News (Menciptakan berita)
Berita adalah informasi yang belum diketahui oleh pihak
penerimanya.Menurut Rosady Ruslan menciptakan berita dilakukan melalui
press release, news letter, dan bulletin, dan hal lain yang mengacu pada
teknis penulisan 5W + 1H (Who, What, Where, When, Why, dan How) dengan
sistematika penulisan "piramida terbalik", yang paling penting menjadi
lead dan intro yang kurang penting diletakkan di tengah batang berita.[5]
Pemberdayaan Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat (bahasa Inggris:Community Development)
secara umum merupakan kegiatan pengembangan masyarakat yang diarahkan
untuk memperbesar akses masyarakat untuk mencapai kondisi
sosial-ekonomi-budaya yang lebih baik apabila dibandingkan dengan
sebelum adanya kegiatan pembangunan.[6]
Sehingga masyarakat di tempat tersebut diharapkan menjadi lebih
mandiri dengan kualitas kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik.[6]
Program Community Development memiliki tiga karakter utama yaitu
berbasis masyarakat (community based), berbasis sumber daya setempat
(local resource based) dan berkelanjutan (sustainable).[6] Dua sasaran yang ingin dicapai yaitu: sasaran kapasitas masyarakat dan sasaran kesejahteraan.[6]
Sasaran pertama yaitu kapasitas masyarakat dapat dicapai melalui upaya
pemberdayaan (empowerment) agar anggota masyarakat dapat ikut dalam
proses produksi atau institusi penunjang dalam proses produksi,
kesetaraan (equity) dengan tidak membedakan status dan keahlian,
keamanan (security), keberlanjutan (sustainability) dan kerjasama
(cooperation), kesemuanya berjalan secara simultan. [6]
Produk-produk tertulis humas
Diantaranya adalah:[rujukan?]
- Siaran pers yaitu informasi yang mengandung nilai berita dan disampaikan oleh publik melalui media massa.
- Latar belakang (Backgrounder)
- Media internal
- Laporan tahunan
- Advetorial
- Profil perusahaan
- Lembaran berita (Newsletter)
- Prospektus
- Penulisan komentar pembaca
- Penulisah naskah pidato
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung, Suka postingan ini?Tinggalkan komentar di bawah ini, terima kasih! :)