Proses Database
Fungsi database dimaksudkan untuk melakukan perhitungan dalam mencari data tertentu pada sekumpulan data. Pada Excel 2007 tersedia beberapa proses database, antara lain mengurutkan data, melacak data dengan data filter, subtotal, dan validasi.1. Mengurutkan Data
Pengurutan worksheet digunakan untuk mengetahui produk dengan penjualan tertinggi dari unit yang terjual. Saat Anda mengurutkan data dalam worksheet, Anda harus terlebih dahulu menentukan kriteria pengurutannya. Pengurutan data diperlukan untuk memudahkan kita dalam mencari data. Pengurutan data biasanya dilakukan pada data dalam jumlah besar, misalnya suatu perusahaan dengan ribuan karyawan, sekolah, atau institusi pendidikan yang terdiri banyak siswa.Dalam kasus tersebut pengurutan data sangat penting. Sebagai contoh menampilkan data urut berdasarkan nama pegawai dan mengurutkan data berdasarkan peringkat nilai tertinggi. Excel telah menyediakan fasilitas pengurutan data yang dinamakan sort. Secara garis besar sorting ada 2 macam, yaitu sebagai berikut.
- Ascending (pengurutan dari kecil ke besar).
- Descending (pengurutan dari besar ke kecil).
=> Get This Widget <= |
Untuk mengurutkan tabel diatasmenggunakan kunci kunci pengurutan berdasarkan Nilai. dimana mahasiswa dengan nilai yang paling tinggi berada di urutan pertama dan mahasiswa dengan nilai rendah berada di urutan terakhir.
Cara mengurutkan data adalah sebagai berikut.
1) Blok tabel (dimulai dari kolom yang akan disort/diurutkan)
2) Klik tab Data pilih subtab Sort & filter,
3) Klik Sort. perhatikan gambar berikut.
Langkah-langkah Pengurutan data |
Keterangan:
Sort By : Kunci pengurutan pertama, dalam hal ini adalah Nilai Mahasiswa.
Order : Jenis pengurutan, misalnya dari urutan Largest to Smallest (Terbesar ke Terkecil).
2. Menyaring Data
Selain pengurutan data, Excel juga menyediakan fasilitas untuk menyaring data yang dikenal dengan nama Filter Data. Filter data maksudnya hanya menampilkan data yang memenuhi kriteria tertentu saja. Dengan tabel yang sama (tabel Daftar nilai) lakukan penyaringan data dengan cara- blok tabel,
- Kemudian klik Tab Data.
- Pada sub tab Sort & Filter Klik Filter. Perhatikan gambar berikut.
langkah-langkah melakukan filter database excel |
artikel Proses Database Ms Office Excel 2007 | Materi TIK SMA XI sangat jauh dari sempurna, untuk masukan, kritik serta saran yang membangun sangat kami harapkan :0
_____ ____________________________
wasalam
penanggung jawab Blog
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung, Suka postingan ini?Tinggalkan komentar di bawah ini, terima kasih! :)