Ketika anda melakukan strategi perencanaan untuk perusahaan (baik online maupun offline), analisa SWOT sangat berguna untuk melengkapi analisis yang memperhitungkan tidak hanya untuk bisnis anda saja, tetapi bisnis pesaing anda dan lingkungan bisnis saat ini juga.
Analisa SWOT membantu anda
mengindentifikasi cara untuk meminimalkan pengaruh kelemahan dalam
bisnis anda sambil memaksimalkan kekuatan anda. idealnya, anda dapat
memaksimalkan kekuatan anda untuk meraih peluang pasar dari kelemahan
pesaing anda.
Analisis dasar SWOT
Anda bisa mengembangkan analisa dasar SWOT dalam sesi brainstorming
dengan anggota lain dari perusahaan Anda, atau Anda sendiri jika Anda
berada di toko sendirian. Untuk memulai analisis dasar SWOT buatlah
empat kotak atau empat daftar, masing masing untuk tiap komponen SWOT:
| Strengths | Weaknesses | Opportunities | Threats |
Strengths (Kekuatan) –
Pikirkan tentang apa yang perusahaan Anda dapat lakukan dengan baik.
Apa yang membuat Anda terlihat menonjol dari para pesaing? Kelebihan apa
yang Anda miliki dibandingkan bisnis lain?
Weaknesses (kelemahan) –
Buatlah daftar area yang diperjuangkan. Apa yang dikeluhkan pelanggan
Anda? Apa saja kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi dari tenaga
penjualan Anda?
Opportunities (Peluang) –
Cobalah untuk membuka daerah-daerah di mana kelebihan Anda belum
dimanfaatkan sepenuhnya. Apakah ada tren yang berkembang sesuai dengan
kelebihan perusahaan Anda? Apakah ada produk / layanan yang Anda bisa
melakukannya dengan baik tetapi belum mampu bersaing?
Threats (Ancaman) –
Carilah hal-hal yang bisa merusak bisnis Anda, baik di dalam maupun di
luar perusahaan. Secara internal, apakah Anda memiliki keuangan,
pengembangan, atau menemukan masalah lain?
Secara eksternal, apakah para pesaing
Anda menjadi lebih kuat, apakah ada tren yang sedang berkembang yang
memperkuat salah satu kelemahan Anda, atau apakah Anda melihat ancaman
lain terhadap kesuksesan perusahaan Anda?
Sebuah analisis lebih mendalam tentang
SWOT dapat membantu anda lebih memahami situasi kompetitif perusahaan
anda. salah satu cara untuk memperbaiki dasar SWOT adalah dengan
memasukkan informasi tentang pesaing lebih rinci dalam analisis.
Perhatikan internet yang berhubungan
dengan kegiatan seperti keikutsertaan perusahaan perdagangan, inklusi
search engine, dan link ke situs luar. Ini akan lebih membantu Anda
melihat peluang dan ancaman terhadap perusahaan Anda.
Anda juga dapat melihat lebih dekat pada
lingkungan bisnis. Seringkali, peluang muncul sebagai akibat dari sebuah
lingkungan bisnis yang terus berubah.
Anda juga dapat meningkatkan analisis
SWOT melalui survei. Anda bisa belajar lebih banyak tentang Anda sendiri
maupun situs bisnis kompetitor.
Entah dengan menggunakan pendekatan dasar
atau lebih maju dari analisis SWOT, Anda pasti akan pulang dengan
pengetahuan yang baru. Gunakan ini untuk meningkatkan efektivitas
perusahaan Anda dan sebagai masukan ke dalam bisnis atau rencana
pemasaran.
ARTIKEL Kantor dan Intansi
+ komentar + 3 komentar
saya aja masih pelajar , belum punya perusahaan .
but , nice info bli ;)
to dieky Andrean : trimz aja, ini sebagai bahan analisa aja, karena jangan di perusahaan seorang ketua osis jika tidak ada gaya kerja ini akan menemui banyak kegagalan
Hello there! I could have sworn I've visited this blog before but
after going through some of the posts I realized
it's new to me. Nonetheless, I'm definitely pleased I came across it and I'll be bookmarking
it and checking back regularly!
Also visit my page: jual baju batik modern
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung, Suka postingan ini?Tinggalkan komentar di bawah ini, terima kasih! :)